EcoRanger X ScrapCap

(Kolaborasi Antara Greeneration Foundation & ShoutCap)

ShoutCap sebagai brand yang merupakan bagian dari sebuah workshop pembuatan topi sadar bahwa dari proses produksi, workshop sering kali mempunyai surplus material berupa sisa bahan baku yang tidak habis terpakai, yang jika tidak dimanfaatkan akan menjadi limbah. Berkaitan dengan hal itu, ShoutCap membuat program LESS WASTE dengan memanfaatkan surplus material (scrap) tersebut untuk mengurangi sampah yang dihasilkan dari proses produksi, dengan merilis sebuah lini produk yang diberi nama SCRAPCAP.

Sesuai namanya, SCRAPCAP diproduksi dari surplus material yang masih bisa diproses, dari mulai bahan utama (kain) hingga bahan baku pelengkap (asesoris). Tujuannya adalah untuk menghasilkan sesedikit mungkin sisa bahan baku yang dibuang. Karena SCRAPCAP menggunakan hampir 95% surplus material, model topi didesain sesuai karakter bahan dan jumlahnya terbatas (limited edition).

Sebagai brand yang sedang belajar untuk peduli lingkungan, ShoutCap berkolaborasi dengan Greeneration Foundation mendukung salah satu aktivitas program EcoRanger di Banyuwangi yang sedang berjalan yaitu WEEKLY BEACH CLEAN UP, dengan mendonasikan 20% dari hasil penjualan SCRAPCAP untuk membantu operasional aktivitas ini.

EcoRanger Banyuwangi merupakan salah satu program utama Greeneration Foundation yang berlokasi di Pulau Merah. 15 EcoRanger yang dilatih dan dibina guna menjadi tim keren penjaga lingkungan demi mewujudkan Pulau Merah yang bersih dan berkelanjutan.

 

Setiap Pembelian ScrapCap Kamu Sudah Ikut Membantu EcoRanger Banyuwangi Melakukan Weekly Clean Up& Pengelolaan Sampah di SEKOLA (Sentra Kelola Sampah)

Dalam upaya mewujudkan cita-cita besar pariwisata bekelanjutan. Aktivitas Weekly Clean Updilakukan rutin oleh EcoRanger di Banyuwangi setiap minggu. Selain untuk menjaga Kawasan Pulau Merah tetap bersih, aktivitas ini juga sebagai media langsung untuk mengajak masyarakat dan pengunjung di Pulau Merah dalam meningkatkan rasa tanggung jawab menjaga kebersihan lokasi pariwisata.

Tidak berhenti di sana, EcoRanger di Banyuwangi juga saat ini mengembangkan SEKOLA (Sentra Kelola Sampah) sebagai lokasi utama pengelolaan sampah hasil Weekly Clean Up. Sehingga, sampah yang terkumpul tidak dibuang begitu saja ke pembuangan akhir, namun ada proses pengelolaan yang dilakukan. Mulai dari pemilahan sesuai kategori jenis sampah, pemanfaatan sampah yang masih dapat didaur ulang, hingga komposting untuk sampah organik.

Ayo dukung EcoRanger di Banyuwangi dalam mengemban tugas nya. Setiap pembelian SCRAPCAP yang Anda lakukan sudah ikut serta mendukung terwujudnya upaya pengelolaan sampah berkelanjutan yang dilakukan EcoRanger di Banyuwangi.

 

Tentang Greeneration Foundation

Greeneration Foundation (GF) adalah organisasi non-profit, yang bekerja pada isu-isu berkelanjutan serta berfokus dalam memanfaatkan media kreatif adaptif untuk mengubah perilaku manusia untuk meningkatkan Konsumsi dan Produksi Berkelanjutan (SCP). Greeneration Foundation didirikan di Bandung, Jawa Barat pada. Kami memperkuat kegiatan kami dengan melibatkan kolaborasi Bersama pemerintah, organisasi dan komunitas yang berfokus pada lingkungan, juga menghubungkan komunitas yang lebih luas mulai dari individu, anak-anak, ibu rumah tangga hingga profesional.

 

Tentang ShoutCap

ShoutCap adalah sebuah brand yang lahir tahun 2013 dari sebuah workshop pembuatan topi yang sudah berdiri sejak tahun 2006. Sebelum ShoutCap lahir workshop sudah mengerjakan pesanan topi dari berbagai brand, event dan perusahaan dari skala lokal hingga internasional hingga saat ini.

ShoutCap lahir sebagai brand dengan konsep PERSONALIZED MEDIA, topi yang dapat digunakan sebagai media personal untuk mengekspresikan diri, menyampaikan pesan bagi pemiliknya. Baik dalam bentuk text maupun gambar. Kami menyebutnya WEARABLE MEDIA. Hingga saat ini baik ShoutCap maupun workshop tetap berjalan seiring waktu.

Melalui SCRAPCAP semoga ShoutCap bisa konsisten ikut serta dalam usaha mengelola sampah dan mengurangi sampah khususnya sampah industri di Indonesia.

Share artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jl. Citamiang No. 6, Sukamaju, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40121

Follow Us:

© 2021 EcoRanger Indonesia. All Rights Reserved