Pentingnya Partisipasi Masyarakat (Semua Pihak dan Semua Golongan): Ekspresikan dalam “WEEKLY BEACH CLEAN UP”

Bersih Pantai Mingguan (Weekly Beach Clean Up)

merupakan salah satu bentuk edukasi melalui aksi nyata yang ditujukan terutama kepada pelaku usaha dan wisatawan di area wisata. Acara ini dilaksanakan rutin setiap seminggu sekali (Hari sabtu) secara bergiliran di beberapa titik rawan sampah di area wisata Pantai Pulau Merah, Pantai Mustika, dan Pantai Wedi Ireng sebagai destinasi wisata utama di Dusun Pancer Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Dalam acara ini, peserta diajak bersama-sama memungut sampah anorganik di lokasi bersih pantai untuk kemudian belajar memilah sampah anorganik yang masih dapat didaur ulang dan yang tidak dapat diolah (residu). Pada kegiatan tersebut, peserta juga diajak merenungkan masa depan lingkungan dan pariwisata apabila tidak dilakukan pengelolaan sampah mulai sekarang!

 

MENGAPA PERLU “WEEKLY BEACH CLEAN UP”?

Sampah di area pantai tidak hanya berasal dari kegiatan manusia di darat, namun juga di laut. Setiap tanggal 13-17 kalender Jawa ketika terjadi pasang tertinggi, sampah kiriman (sampah dari laut) akan banyak ditemukan di bibir pantai. Sampah tersebut pada dasarnya juga berasal dari aktivitas manusia yang membuang sampah di sungai. Untuk kasus Dusun Pancer, sebagian warga masih membuang sampah di Sungai Cacalan yang akan mengalir ke muara sungai dan berakhir ke laut.

 

APA TUJUAN MENGADAKAN “WEEKLY BEACH CLEAN UP”?

Kegiatan rutin ini dilakukan sebagai bentuk edukasi pengelolaan sampah, terutama supaya para pelaku usaha, wisatawan, serta relawan secara aktif berpartisipasi untuk menjaga kebersihan area wisata dan memahami serta mempraktikkan pemilahan sampah di sumber. Apabila pemilahan sampah di sumber dapat 100% dijalankan, maka akan sangat membantu kinerja Sentra Kelola Sampah (SEKOLA) EcoRanger 1.0 dalam hal pengolahan sampah organik dan anorganik.

Share artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Tentang Kami

Jl. Citamiang No. 6, Sukamaju, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40121

Ikuti Kami:

© 2021 EcoRanger Indonesia. All Rights Reserved