Quick Count Sampah, di TPS Pulau Merah Banyuwangi

Bertepatan dengan peringatan Hari Bumi 22 April lalu, sebanyak 38 warga Dusun Pancer Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi bersama tim EcoRanger gotong royong melakukan penataan dan menghitung cepat timbulan sampah yang selama ini telah tertumpuk di Tempat Pembuangan Sampah Pulau Merah.

EcoRanger adalah program yang digagas oleh Greeneration Foundation yang juga berfokus pada pengelolaan sampah berbasis masyarakat di area pariwisata, dalam hal ini Dusun Pancer yang memiliki 3 (tiga) wisata pantai yang sedang berkembang, yaitu Pantai Pulau Merah, Pantai Mustika, dan Pantai Wedi Ireng.

Dari kegiatan pemindahan sampah, setidaknya 13.125 m3 sampah atau sekitar 2.187,5 ton sampah berhasil diangkut dalam sehari dari TPS Pulau Merah ke TPA Banyuwangi.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengajak warga melihat kondisi nyata dan merenungkan nasib sampah di TPS jika sampah hanya ditumpuk dan dibiarkan begitu saja tanpa ada pengelolaan yang baik dan benar. Dari kegiatan ini, diharapkan warga tergugah untuk mulai melakukan pemilahan sampah di sumbernya, yaitu tiap-tiap rumah dan tempat usaha.

Disamping itu, EcoRanger juga tengah menyiapkan sebuah solusi yaitu Sentra Kelola Sampah (SEKOLA EcoRanger Desa Sumberagung) yg pada saat ini berlangsung tahap pembangunan.

Share artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jl. Citamiang No. 6, Sukamaju, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40121

Follow Us:

© 2021 EcoRanger Indonesia. All Rights Reserved