Bersama Waste4Change, EcoRanger Lakukan Edukasi Bijak Sampah di Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional XVIII

Tim EcoRanger Banyuwangi bersama Waste4Change & PT Tetra Pak Indonesia tergabung sebagai tim edukator menyampaikan materi pengayaan pada peserta Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) XVIII di Aula SMA Negeri 1 Giri Banyuwangi pada 27 Juni 2019. Acara tersebut diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan mengikutsertakan 979 peserta yang terdiri atas guru dan siswa dari berbagai tingkatan seperti SD, SMP, dan SMA sederajat dari 32 provinsi di Indonesia.

Penyampaian materi dibagi menjadi 5 (lima) sesi, dengan durasi tiap sesi kurang lebih 1 jam. Dalam rentang waktu tersebut, peserta diberi kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi seputar pengelolaan sampah dan isu-isu terkini terkait persampahan di lingkungan sekitar. Materi yang disampaikan antara lain pemahaman sampah dari 2 (dua) sudut pandang, yaitu material yang langsung dibuang dan material yang masih dapat dimanfaatkan. 

Peserta diberikan pemahaman baru bahwa tidak semua material sisa kegiatan manusia atau proses alam dapat disebut sebagai sampah, karena sebagian di antaranya dapat digunakan kembali dengan fungsi yang sama (reuse) atau didaur ulang dengan atau tanpa pemrosesan menjadi barang dengan fungsi yang berbeda dengan fungsi asalnya (recycle). 

Tim edukator juga menjelaskan penggolongan sampah yang dibagi menjadi 4 (empat) jenis, yaitu sampah organik, sampah anorganik yang dapat didaur ulang, sampah B3, dan sampah residu. Peserta diajak untuk berdiskusi mengenai konsep 3R (reduce, reuse, dan recycle) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.  

Foto: Pemateri memberikan penjelasan terkait penanganan sampah yang telah berjalan di beberapa wilayah di Indonesia

Dalam kesempatan ini, diperlihatkan juga contoh terkait penerapan daur ulang karton bekas minuman karton atau used beverage carton (UBC) yang telah dilaksanakan oleh PT Tetra Pak Indonesia sebagai salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap keberlanjutan lingkungan (extended producer responsibility). 

Peserta diajak mendemonstrasikan program 3L, yaitu Lipat, Letak, dan Lepas yang dicanangkan oleh PT Tetra Pak Indonesia agar semua sampah UBC dapat terkelola dan tidak berakhir di TPA. PT Tetra Pak Indonesia juga menerapkan konsep penanaman bibit pohon baru sebagai ganti pohon yang ditebang untuk bahan baku kemasan karton untuk memastikan kegiatan produksinya tidak merusak sumber daya alam. 

Antusiasme peserta terlihat jelas dengan munculnya beberapa pertanyaan dan diskusi terkait praktik pengelolaan sampah yang telah dilakukan oleh peserta di lingkungannya masing-masing. Sebagian besar peserta sudah memahami pentingnya pengelolaan sampah, namun belum sepenuhnya mengerti bagaimana mengelola sampah yang benar dan bertanggung jawab. 

Melalui acara ini, diharapkan kesadaran mengurangi timbulan sampah dan mengelola sampah yang bertanggung jawab dapat ditumbuhkembangkan sejak dini, sehingga akan terbentuk mental anak-anak muda generasi bijak kelola sampah.

Share artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Tentang Kami

Jl. Citamiang No. 6, Sukamaju, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40121

Ikuti Kami:

© 2021 EcoRanger Indonesia. All Rights Reserved