BISA! Greeneration Foundation Siap Dukung Kemenparekraf RI Mewujudkan Pariwisata Berkelanjutan

Bali, Senin - Selasa, 22 - 23 Maret 2021- Melalui Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan di Politeknik Pariwisata Bali, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) membuka forum diskusi untuk pengembangan Program BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman) dalam mengembangkan potensi pariwisata Indonesia. Pada diskusi ini, hadir  Sandiaga Uno (Menteri Parekraf RI) dan Ir. Rizki Handayani, MBTM (Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Baparekraf) dari Kemenparekraf RI. Kegiatan ini juga dihadiri beberapa perwakilan Non Government Organization (NGO) sebagai kolaborator penyusunan program BISA, Jibriel Firman Sofyan (Greeneration Foundation), perwakilan Divers Clean Action, dan perwakilan Parongpong.

Foto 2. Greeneration Foundation mempresentasikan program EcoRanger (Dokumentasi Pemberdayaan Masyarakat)

Melalui FGD ini, para kolaborator memperkenalkan dan memaparkan capaian dari masing-masing programnya sebelum menyusun Logical Framework Analysis (LFA) program BISA yang akan dilaksanakan dalam jangka waktu 3-6 bulan. Dalam menyusun LFA, kerangka berpikir yang diadopsi adalah  program EcoRanger yang fokus ke permasalahan waste management di destinasi wisata. Hal ini selaras dengan Program BISA yang ingin menitik beratkan pada pengembangan waste management destinasi wisata Indonesia.

Foto 3. Kunjungan ke TPST Tulamben, Bali (Dokumentasi Pemberdayaan Masyarakat)

Selain membahas LFA sebagai konsep dasar Program Bisa, Kemenparekraf RI dan kolaborator  juga melakukan kunjungan ke Tulamben, Bali Timur. Tulamben menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Bali Timur. Wisata andalan Tulamben adalah spot Diving yang unik dan menarik. Spot diving di Tumbalen aksesnya mudah dijangkau wisatawan dan terdapat bangkai kapal karam. Di Tulamben, Kemenparekraf RI dan kolaborator berkunjung ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) yang sedang mendapat pendampingan dari Divers Clean Action.

Foto 4. Hasil pengolahan sampah di TPS Tulamben, Bali (Dokumentasi Pemberdayaan Masyarakat)

Melalui kegiatan ini kolaborator memberikan gambaran kepada Kemenparekraf RI mengenai permasalahan pengelolaan sampah di destinasi wisata Indonesia. Dengan lebih memahami permasalahan yang terjadi di lapangan, harapannya Kemenparekraf RI menyadari pentingnya pembangunan infrastruktur pengelolaan sampah dan pemberdayaan masyarakat dalam bidang pengelolaan sampah di destinasi wisata Indonesia. Program BISA diharapkan menjadi implementasi pembangunan pariwisata Indonesia yang berkelanjutan.

Share artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Tentang Kami

Jl. Citamiang No. 6, Sukamaju, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40121

Ikuti Kami:

© 2021 EcoRanger Indonesia. All Rights Reserved