EcoRanger dan Pokmas Pantai Pulau Merah Edukasi Pengunjung Tentang Sampah

Masyarakat sekitar pantai Pulau Merah Banyuwangi yang tergabung dalam Eco Ranger dan Pokmas Pantai Pulau merah memasang sign board yang berisi edukasi cara membuang sampah sesuai dengan jenis sampahnya.

Selain berisi tentang edukasi, sign board tersebut juga berisi hasil riset atau fakta tentang persampahan di wilayah tersebut. “Kami ingin baik pengunjung, pelaku usaha dan warga sekitar bisa mengetahui dan selanjutnya bisa menerapkan dengan membuang sampah ke tong sampah sesuai dengan jenisnya,” ungkap koordinator Eco Ranger, Jibriel Firman Sofyan, Sabtu (15/6/2019).

Firman menyampaikan, data yang ditampilkan pada sign board yang dipasang pada Jumat (14/6/2019) itu juga dapat menjadi acuan untuk peningkatan kinerja pengelolaan sampah pada masa masa mendatang optimalisasi Sentra Kelola Sampah (SEKOLAH) Eco Ranger 1.0 dan meningkatkn kegiatan 3R (Reduce, Reuse dan Recycle).

“Kami ingin, pengunjung, pelaku usaha dan masyarakat termotivasi untuk ikut aktif menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya,” harapnya.

Untuk diketahui, Eco Ranger adalah sebuah program yang digagas oleh Greeneration Foundation dengan fokus utama pengelolaan sampah berbasis masyarakat di kawasan wisata di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi.

Program EcoRanger akan dijalankan di 17 kota di Indonesia yg merupakan tujuan utama destinasi wisata nasional, dan Banyuwangi adalah kota pertama.

Tak hanya di Pantai Pulau Merah, selanjutnya, Eco Ranger juga akan melakukan kegiatan pemasangan sign boar yang berisi hal serupa di Pantai Wedi Ireng dan Pantai Mustika Banyuwangi.

 

* Artikel ini terbit di : https://m.timesindonesia.co.id/read/217101/20190615/153601/eco-ranger-dan-pokmas-pantai-pulau-merah-edukasi-pengunjung-tentang-sampah/#!-_-

Share artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Tentang Kami

Jl. Citamiang No. 6, Sukamaju, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40121

Ikuti Kami:

© 2021 EcoRanger Indonesia. All Rights Reserved