Mencari Inovasi! Ajang Creative Idea Competition Menggugah Kreativitas Inisiator Muda Atasi Masalah Pengelolaan Sampah Destinasi Wisata

Banyuwangi, 19 Desember 2021 - Masalah pengelolaan sampah seperti tak ada habisnya untuk diperbincangkan. Bagaimana tidak? Tiap tahun jumlah sampah yang dihasilkan manusia semakin meningkat. Namun, pemecahan solusi pengelolaannya tidak berjalan seiringan. Kalau sudah begini, inovasi dan kolaborasi tentu menjadi aspek yang sangat fundamental dalam merumuskan solusi pengelolaan sampah, terutama sampah di destinasi wisata Indonesia. Berangkat dari kegelisahan ini, EcoRanger berusaha untuk memberikan wadah bagi para inovator yang bergerak di bidang pengelolaan sampah untuk menyampaikan gagasan kreatifnya terkait kegiatan dan model bisnis dalam menangani pengelolaan sampah melalui ajang Creative Idea Competition. Melalui ajang ini, EcoRanger berharap dapat membuka peluang kolaborasi dalam pengembangan sociopreneurship program Sentra Kelola Sampah (SEKOLA) dalam mengelola sampah di destinasi wisata.

Foto 1. Pemberian penghargaan kepada Aqilah Nurul K. L. (Dokumentasi Pemberdayaan Masyarakat)

Rangkaian dari kegiatan ini dimulai dengan pembukaan pendaftaran peserta. Peserta yang mengikuti kompetisi ini juga difasilitasi sesi sosialisasi dan konsultasi yang dilaksanakan via online. Dari kegiatan ini terkumpul 49 proposal yang terdiri dari 40 proposal kegiatan dan 9 proposal bisnis. Penentuan pemenang kegiatan ini telah melalui 3 tahap proses penjurian. Peserta yang berhasil memenangkan kompetisi ini dari kategori kegiatan adalah Aqilah Nurul Khaerani Latif (Juara 1), NECC Project (Juara 2), dan Gajahlah Kebersihan (Juara 3). Sedangkan pemenang untuk kategori model bisnis adalah: Nurul Azizah Kusumaningrum (Juara 1), Dearizky Ramadhan (Juara 2), dan Buntah.ID (Juara 3).

Foto 2. Memberikan penghargaan kepada Buntah.ID (Dokumentasi Pemberdayaan Masyarakat)

Seremonial penyerahan hadiah kepada peserta dilakukan bersamaan dengan EcoRanger Talkshow Series 2.0 yang dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2021. Kegiatan EcoRanger Talkshow Series 2.0 dapat disaksikan di link berikut: Live YouTube ETS 2.0 . Tak hanya itu, tim Community Empowerment juga memfasilitasi pemenang untuk menciptakan peluang kolaborasi melalui forum diskusi bersama. Harapannya, melalui forum diskusi, tim bisa membantu para pemenang untuk mengajukan proposal kegiatan ke instansi-instansi terkait. 

Foto 3. Pemberian penghargaan kepada Wageku (Dokumentasi Pemberdayaan Masyarakat)

Semakin banyak peluang kolaborasi yang tercipta, tentunya dapat meningkatkan efektifitas dalam  berupaya mengelola sampah, terutama sampah di destinasi wisata. Karena mengelola sampah tak semudah memproduksi dan membuangnya. Melalui program EcoRanger, tim Community Empowerment akan selalu berupaya mewujudkan pariwisata berkelanjutan dengan menangani masalah pengelolaan sampah di destinasi wisata. Tentunya, dalam berupaya kami membutuhkan dukungan dari seluruh pihak untuk mendukung program kami. Kamu juga bisa berupaya membantu terwujudnya sistem pengelolaan sampah yang baik di destinasi wisata Indonesia dengan berdonasi ke link Donasi berikut. Bersama lebih baik daripada sendiri.

Share artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jl. Citamiang No. 6, Sukamaju, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40121

Follow Us:

© 2021 EcoRanger Indonesia. All Rights Reserved