Quick Count Sampah di TPS Pulau Merah

Bertepatan dengan peringatan Hari Bumi, pada 22 April 2019 sebanyak 38 warga Dusun Pancer Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi bersama tim EcoRanger bergotong royong melakukan penataan dan menghitung cepat timbunan sampah yang selama ini telah tertumpuk di TPS Pulau Merah. EcoRanger adalah program yang digagas oleh Greeneration Foundation yang berfokus pada pengelolaan sampah di area pariwisata, dalam hal ini Dusun Pancer yang memiliki 3 (tiga) wisata pantai yang sedang berkembang, yaitu Pantai Pulau Merah, Pantai Mustika, dan Pantai Wedi Ireng. Dari kegiatan pemindahan sampah, setidaknya 13.125 m3 sampah atau sekitar 2.187,5 ton sampah berhasil diangkut dari TPS Pulau Merah ke TPS Bulusan menggunakan dumptruck dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuwangi. 

Kegiatan ini dilakukan untuk mengajak warga melihat kondisi nyata dan merenungkan nasib sampah di TPS jika sampah hanya ditumpuk dan dibiarkan begitu saja tanpa ada pengelolaan yang baik dan benar. Dari kegiatan ini, diharapkan warga tergugah untuk mulai melakukan pemilahan sampah di sumbernya, yaitu tiap-tiap rumah dan tempat usaha.

Selain itu di hari yang sama, Greeneration Foundation selaku penggagas program EcoRanger, memaparkan program EcoRanger di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi. Ekspose program EcoRanger diwakili oleh Vanessa Letizia selaku direktur eksekutif Greeneration Foundation, Ridho Malik selaku project leader EcoRanger nasional, dan Hendro Subroto selaku ketua tim eksternal dan advokasi EcoRanger nasional, kemudian dilanjutkan dengan rapat bersama SKPD terkait mengenai pembangunan fisik Sentra Kelola Sampah (SEKOLAH) sebagai salah satu infrastruktur utama dalam pengelolaan sampah di Dusun Pancer. Sentra Kelola Sampah (SEKOLAH) EcoRanger di Dusun Pancer ini diharapkan menjadi contoh pengelolaan sampah di hilir secara holistik dan berkelanjutan di Kawasan Pariwisata Strategis Nasional (KPSN) di Indonesia.

Siti Muyasaroh

Tim eksternal dan advokasi EcoRanger Banyuwangi

Share artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Jl. Citamiang No. 6, Sukamaju, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40121

Follow Us:

© 2021 EcoRanger Indonesia. All Rights Reserved